Rabu, 30 Maret 2016

DASAR PENGAWETAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan            : SMK
Kelas/ Semester                : X/II
Program keahlian              : PMHP
Mata Pelajaran                  : DPPHPP
Topik                                  :  DASAR PENGAWETAN
Waktu                                :  5 x 45 jam pelajaran
Pertemuan                         :  10-12
 

A. Kompetensi Inti
1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.  Menghayati dan mengamalkan perilaku: jujur, disiplin, tanggung jawab (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dan pergaulan dunia
2.  Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
3.  Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.   Kompetensi dasar
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; disiplin; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam pembelajaran mengamati, mencari informasi dan dalam melakukan eksperimen
2.2   Menghargai kerja individu dan kelompok, menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif dan pro aktif  teliti, jujur, sopan, rasa ingin tahu, menghargai pendapat orang lain dalam kegiatan mengolah informasi dan mengkomunikasikan hasil pembelajaran
3.6  Menerapkan prinsip dasar pengawetan
1.7  Melakukan prinsip dasar pengawetan

C. Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan pembelajaran diharapkan siswa mampu untuk
1.    Menerapkan prinsip dasar penggunaan gula sebagai bahan pengawet
2.    Menerapkan prinsip dasar penggunaan garam sebagai bahan pengawet
3.    Menerapkan prinsip dasar penggunaan asam sebagai bahan pengawet
4.    Melakukan prinsip dasar pengawetan dengan gula

D. MATERI

Tujuan utama pengawetan pangan adalah memperpanjang masa simpan.
Selain itu pengawetan
-          sebagai solusi ketidaktepatan perencanaan bidang pertanian
-          meningkatkan nilai tambah produk.
Pengawetan tidak dapat meningkatkan mutu, artinya bahan yang sudah terlanjur busuk tidak akan menjadi segar kembali. Masing-masing cara pengawetan hanya efektif selama mekanisme pengawetannya masih bekerja.
Tujuan pengawetan pangan ada tiga yaitu :
 Mencegah atau memperlambat kerusakan mikrobial
 Mencegah atau memperlambat laju proses dekomposisi (autolisis) bahan pangan
 Mencegah kerusakan yang disebabkan oleh faktor lingkungan termasuk serangan hama
Pengawetan pangan secara garis besar dikelompokkan menjadi tiga yaitu
-  fisik,
-  biologi dan
-  kimia misalnya penggulaan, penggaraman, pengasaman. Pengawetan secara kimiawi ini  akan menurunkan kadar air dan aW bahan sehingga produk akan menjadi awet.
a. Penggulaan
Pengawetan dengan proses penggulaan  diterapkan pada komoditas buah dan hewani yang akan menghasilkan produk antara lain jam, manisan, sirup buah, sari buah, dendeng, dan susu kental manis.
Dalam pelaksanaannya, proses penggulaan harus dikombinasikan dengan proses lain yaitu pasteurisasi, sterilisasi, pengeringan, dan pengecilan ukuran.
1) Prinsip dan Fungsi Penggulaan
Gula merupakan bahan yang biasa ditambahkan ke dalam bahan pangan. Prinsipnya gula dapat berfunsi sebagai pengawet karena dapat mengikat aW pada bahan pangan sehingga tidak tersedia air bebas untuk pertumbuhan mo.
Fungsi gula:
-   Gula sebagai zat pemanis.
Gula berperan sebagai pemanis, apabila gula ditambahkan ke dalam bahan dalam batas konsentrasi 12 % sampai 20 %, atau bila produk tersebut siap untuk dikonsumsi langsung tanpa pengenceran.
-   Gula sebagai zat pengawet.
Gula berperan sebagai pengawet, apabila konsentrasi (kadar) gula yang ditambahkan ke dalam bahan makanan lebih dari 60 %. Dengan adanya tekanan osmosis yang tinggi dari gula, menyebabkan kondisi yang tidak baik untuk pertumbuhan dan perkembangbiakkan sebagian besar mikroorganisme.
-    Gula sebagai zat penambah cita rasa (flavour) pada bahan.
Bahan makanan yang mengandung kadar gula tinggi, tidak hanya memberikan rasa manis tetapi juga dapat meberikan perbaikan flavour pada bahan makanan tersebut, contohnya pada sirup buah-buahan atau manisan buah.
-   Gula sebagai zat untuk memperbaiki tekstur, terutama bagi buah-buahan yang akan dikalengkan.

2) Sifat-Sifat Fisik dan Kimia Gula
 Gula mudah mengalami hidrolisa menjadi senyawa-senyawa yang lebih sederhana
 Kelarutannya dalam air tinggi
 Larutan gula yang lewat jenuh mudah mengkristal
 Reaksinya terhadap pemanasan akan menimbulkan karamelisasi

3) Efek Pengawet dari Gula
 Menurunkan Water activity (aW) dari bahan makanan sampai suatu keadaan dimana pertumbuhan mikroorganisme tidak memungkinkan lagi
 Menaikkan tekanan osmosa larutan sehingga dapat menyebabkan terjadinya plasmolisa dari sel-sel mikroba.
 Dengan terjadinya plasmolisa, air keluar dari sel-sel mikroba. Maka dengan berkurangnya air untuk pertumbuhan mikroorganisme, sel-sel mikroorganisme akan mengering dan akhirnya akan mati
 Adanya tekanan osmosa yang tinggi dari gula akan menyebabkan terjadinya suatu keadaan yang kurang menguntungkan untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan dari sebagian besar jenis bakteri, khamir dan kapang.
 Tekanan osmosa bisa menyebabkan terjadinya kerusakan bagi jasad renik terutama jenis osmofilik yaitu jasad renik yang dapat hidup pada lingkungan yang mempunyai kandungan gula rendah. Mikroorganisme tersebut dapat berkembangbiak pada pH antara 4–5.
 Larutan dekstrosa 35–45% atau kelarutan sukrosa 50–60% bersifat bakteriostatik terhadap jenis staphylococcus yaitu bakteri penyebab keracunan makanan. Bakteri tersebut dapat dimatikan pada kadar larutan dekstrosa 40– 50% atau larutan sukrosa 60–70%
Gula dapat berfungsi sebagai germisida. Dekstrosa dan fruktosa lebih efektif sebagai germisida dibandingkan dengan sukrosa dan laktosa.
 Berdasarkan sifat kimianya, maka fruktosa yang mempunyai gugusan keton lebih aktif dibandingkan dengan dekstrosa yang mempunyai gugusan aldehid
 Dekstrosa memerlukan panas untuk mempercepat reaksinya. Sirup glukosa lebih efektif daripada sukrosa dalam menghambat pertumbuhan mikroorganisme. Produk dari buah-buahan yang mengandung glukosa lebih sedikit mengalami kerusakan bila dibandingkan dengan produk yang mengandung sukrosa
Larutan glukosa yang dipanaskan selama 25 menit pada suhu 100OC kemudian didinginkan, akan dapat menghambat pertumbuhan ragi bila dibandingkan dengan larutan gula yang tidak dipanaskan. Perlakuan pemanasan terhadap gula, tidak menimbulkan pengaruh terhadap pertumbuhan kapang.
 Gula dengan konsentrasi 65% bersifat menghambat pertumbuhan bakteri, khamir dan kapang. Hal ini terjadi sebagai akibat efek dehidrasi pada mikroorganisme tersebut, yang ditimbulkan karena terjadinya tekanan osmosa yang tinggi dari gula.
4) Jenis-Jenis Kerusakan Akibat Penggulaan pada Bahan Pangan
 Pada waktu pemasakan/pemanasan yang terlalu lama akan terjadi hidrolisa pektin, penguatan asam, kehilangan flavour (cita rasa) dan warna. Ini terjadi terutama pada proses pembuatan jelly.
Terjadinya warna coklat (browning)
Kerusakan dapat terjadi, karena waktu pemasakan yang terlalu lama dan penambahan gula dilakukan terlalu awal pada saat proses.
Terjadinya karamelisasi gula
Hal ini akan terjadi karena pemasakan yang berlebih, gula yang digunakan terlalu banyak. Pada pembuatan sirup penambahan asam dilakukan pada waktu sirup mulai mengental.
Tumbuhnya mikroorganisme
5) Pencoklatan (Browning)
Proses pencoklatan pada bahan hasil pertanian sering terjadi pada buah/sayuran dan makanan yang sengaja ditambahkan gula serta pemanasan pada proses pengolahannya misalnya pada proses penggulaan.
Pada umumnya proses pencoklatan dapat dibagi menjadi dua jenis,
-    pencoklatan enzimatik
 disebabkan enzim fenol oksidase, biasanya terdapat pada buah-buahan dan sayuran (misal apel dan kentang).
-   pencoklatan non enzimatik.
 terjadinya reaksi dengan oksigen (O2) dari udara, sehingga buah-buahan dan sayuran tersebut akan mengalami pencoklatan.
Pencoklatan non enzimatis  disebabkan oleh tiga macam reaksi  
1) Karamelisasi
Bila suatu bahan makanan atau larutan gula (sukrosa) dipanaskan, maka kadar gulanya akan meningkat, demikian juga titik didihnya. Keadaan ini akan terus berlangsung sehingga seluruh air menguap. Bila bahan tersebut dipanaskan terus hingga melampaui titik lebur gula, misalnya pada suhu 1700C, maka mulailah terjadi karamelisasi.
2) Reaksi Maillard
Reaksi ini terjadi pada karbohidrat khususnya gula pereduksi dan protein yang ada dalam bahan, misalnya pada pembuatan dendeng daging.
Hasil reaksi tersebut menghasilkan bahan berwarna coklat yang sering dikehendaki atau sebaliknya menjadi tanda penurunan mutu.
3) Pencoklatan akibat vitamin C
Vitamin C (asam askorbat) merupakan senyawa yang umumnya terdapat pada buah-buahan dan sayuran berwarna dan mempercepat terjadinya reaksi maillard dan proses pencoklatan.
 Pencegahan Pencoklatan Non Enzimatis
Pencegahan pencoklatan non enzymatis dapat dilakukan dengan memperhatikan faktor-faktor berikut yaitu :
 Suhu
Pencoklatan ini disebabkan oleh suhu panas sehingga dengan menurunkan suhu dapat mencegah atau mengurangi terjadinya pencoklatan (browning).
  Pengurangan kandungan air pada proses pengolahan
Reaksi pencoklatan (browning) tergantung dari adanya air, sebab itu pengurangan kadar air pada proses pengolahan dapat mencegah pencoklatan.
  pH
Reaksi Maillard berlangsung lebih baik pada kondisi basa (alkalis) sehingga penurunan pH dapat mencegah atau mengurangi proses pencoklatan.
  Penambahan senyawa kimia
Penambahan bahan kimia yang dapat mencegah pencoklatan non enzimatis seperti sulfit, bisulfit dan garam dapur.
5) Metode Penggulaan
-  Proses Penggulaan dengan Cara Penaburan
Proses penggulaan dengan cara penaburan dilakukan dengan menaburkan butiran gula ke permukaan produk. Cara penaburan ini akan menghasilkan produk yang secara visual dapat terlihat gula yang ditambahkan terhadap produk. Contoh proses penggulaan dengan cara penaburan dilakukan pada produk manisan kering.
Tujuan penggulaan secara penaburan adalah :
 Menambah rasa manis
 Meningkatkan daya tahan
 Meningkatkan daya Tarik
-    Proses Penggulaan dengan Cara Perendaman
Proses penggulaan dengan cara perendaman dilakukan dengan cara merendam bahan ke dalam larutan gula dengan konsentrasi tertentu selama beberapa waktu.
Contoh proses penggulaan dengan cara perendaman dilakukan pada pembuatan manisan basah.
-    Proses Penggulaan dengan Cara Pencampuran
Proses penggulaan dengan cara pencampuran dilakukan mencampurkan bahan dengan gula. Proses penggulaan dengan cara pencampuran ini harus didahului dengan proses pengecilan ukuran. Tujuan dari pengecilan ukuran ini adalah untuk memudahkan pencampuran antara bahan dengan gula dan mempercepat penetrasi gula ke dalam bahan yang diawetkan.
b.  Penggaraman
Penggaraman merupakan  cara pengawetan bahan hasil pertanian untuk mempertahankan daya simpan. Diterapkan pada proses pengawetan daging, ikan, sayur dengan menggunakan larutan garam atau kristal-kristal garam.
Proses penggaraman tidak terbatas hanya penambahan garam NaCl saja, akan tetapi juga dapat ditambahkan garam dalam bentuk lain, seperti natrium nitrat dan natrium nitrit pada pengawetan daging, yang disebut “curing”.
1) Prinsip Dasar Penggaraman
Penggaraman banyak diterapkan untuk mengawetkan bahan hewani seperti ikan, daging, telur dan kulit. Pada bahan nabati, penggaraman dilakukan pada proses pembuatan pikel/acar.
Prinsip pengawetan dengan penggaraman adalah:
a) Terjadinya proses plasmolisis pada sel-sel mikroba pada bahan akibat adanya penambahan garam. Plasmolisis adalah proses tertariknya cairan sel keluar, akibat adanya tekanan osmotik yang lebih tinggi pada cairan di luar sel daripada cairan sel. Selanjutnya proses plasmolisis akan diikuti dengan proses kareolisis, yaitu proses pecahnya inti sel mikroba yang akan menyebabkan mikroba mati.
b) Garam dapur (NaCl) yang ditambahkan ke dalam bahan akan masuk ke dalam jaringan dalam bentuk ion Na+ dan ion Cl-. Ion Cl- merupakan racun bagi mikroba, sehingga garam NaCl disebut mempunyai sifat antiseptik.
Mekanisme pengawetan dengan pemberian garam adalah sebagai berikut:
a) Garam mempunyai tekanan osmosis yang tinggi, sehingga dapat mengakibatkan terjadinya plasmolisis pada sel organisme.
b) Garam sebagai antiseptik dan penambah rasa.
c) Garam mempunyai sifat higroskopis, sehingga dapat menyerap air dari bahan pangan, sehingga Aw bahan menjadi rendah dan mikroba tidak dapat tumbuh.
d) Garam dapat mengakibatkan sel-sel mikroba peka terhadap karbon dioksida.
e) Larutan NaCl dapat mengurangi kelarutan oksigen, sehingga pertumbuhan mikroba yang aerob dapat dicegah.
f) Garam dapat menghalangi aksi enzim-enzim proteolitik.
2) Teknik Penggaraman
Ada beberapa teknik penggaraman yang biasa digunakan dalam pengawetan bahan makanan.
-    Penggaraman Kering (Dry Salting)
Teknik ini umumnya dilakukan pada ikan-ikan yang kandungan lemaknya rendah dan  bahan nabati pikel mentimun utuh.
Keuntungan dari penggaraman kering adalah:
  Efek penarikan cairan dari jaringan bahan lebih banyak.
  Kecepatan penetrasi garam ke jaringan bahan lebih tinggi, sehingga proses kerusakan bahan dapat dihindari.
 Tidak memerlukan fasilitas khusus.
Kelemahan
  Penetrasi garam tidak homogen di sejuruh permukaan bahan.
  Karena efek penarikan cairan dari jaringan lebih banyak, dapat menyebabkan kenampakan tidak menarik (keriput) dan rendemennya rendah.
-   Teknik Penggaraman Basah (wet salting)
Teknik penggaraman basah untuk produk nabati biasa dijumpai pada saat pembuatan pikel atau asinan sayuran. Penggaraman sayuran (misalnya mentimun) dilakukan dengan larutan garam dalam suatu wadah dan bahan harus dalam keadaan terendam seluruhnya. Cara penggaraman ini mudah, menghemat waktu dan tenaga serta kandungan garamnya lebih merata.
-   Kench salting
Pada dasarnya, teknik penggaraman ini sama dengan pengaraman kering (dry salting) tetapi tidak mengunakan bak/wadah penyimpanan. Ikan dicampur dengan garam dan dibiarkan diatas lantai atau geladak kapal, larutan air yang terbentuk dibiarkan mengalir dan terbuang. Kelemahan dari cara ini adalah memerlukan jumlah garam yang lebih banyak dan proses penggaraman berlangsung sangat lambat. Kench salting ini merupakan penanganan sementara untuk mencegah kerusakan pada ikan sebelum dilakukan penanganan pengolahan ikan lanjutan di kapal atau di tempat lain.
-   Penggaraman kombinasi
Metode ini merupakan kombinasi penggaraman kering dan penggaraman basah. Ikan ditaburi kristal garam pada seluruh permukaannya dan disusun dalam wadah. Bagian atas tumpukan dibebani menggunakan pemberat. Selanjutnya perlahan-lahan tumpukan ikan dituangi larutan garam jenuh hingga ikan terendam secara sempurna. Metode ini terutama digunakan untuk menghasilkan ikan asin berkadar garam tinggi.
Proses pengawetan dengan garam pada dasarnya terjadi karena adanya tekanan osmotik yang terjadi. Tekanan osmotik tergantung dari ukuran dan jumlah molekul dalam larutan. Molekul gula dalam larutan mempunyai ukuran yang lebih besar dan tekanan osmotiknya rendah. Sedangkan larutan garam molekulnya relatif lebih kecil dalam konsentrasi yang sama tetapi mempunyai tekanan osmotik yang lebih besar.
Tiga kondisi suatu larutan yang dapat mempengaruhi aktivitas pertumbuhan mikroba, dijelaskan sebagai berikut:
1) Konsentrasi isotonik
  Konsentrasi larutan medium sama dengan konsentrasi cairan sel mikroba, sehingga   pertumbuhan mikroba akan berjalan cepat.
2) Konsentrasi hipotonik
Konsentrasi medium mempunyai kerapatan molekul lebih rendah dibanding dengan konsentrasi cairan sel mikroba. Cairan dari luar akan mengalir ke dalam cairan sel, sehingga akan menyebabkan sel-sel mengembang dan kemungkinan pecah.
3) Konsentrasi hipertonik
  Konsentrasi medium larutan mempunyai kerapatan lebih besar dibanding dengan   kerapatan cairan sel mikroba yang tumbuh dalam medium tersebut. Keadaan ini akan mengakibatkan proses plasmolisis pada mikroba.
Plasmolisis adalah suatu peristiwa mengalirnya cairan dari sel-sel mikroba ke medium yang lebih pekat sehingga sel-sel menjadi pecah dan mengkerut. Konsentrasi hipertonik ini dimanfaatkan untuk pengawetan dengan cara penggaraman kombinasi.
3)  Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggaraman
a. Mutu garam
(Kemurnian garam )
Untuk mendapatkan produk yang baik, diperlukan garam NaCl yang tinggi kemurniannya.
(Kecepatan penetrasi garam )
Proses pembusukan sangat tergantung pada kecepatan penetrasi NaCl ke dalam bahan. Kecepatan penetrasi ini dipengaruhi oleh konsentrasi garam, kemurnian garam, jenis dan ukuran bahan, bentuk perlakuan pendahuluan pada bahan, komposisi bahan, dan suhu udara.
Mutu garam yang baik akan menghasilkan produk yang baik juga, karena garam yang baik tidak mudah menyerap uap air selama penyimpanan. Sebaliknya mutu garam yang tidak baik, misalnya mengandung kotoran, akan cepat meleleh karena cepat menyerap uap air.
b.  Mutu bahan baku
Mutu bahan baku yang baik terutama berkaitan dengan tingkat kesegaran bahan akan mempengaruhi tingkat penetrasi garam ke dalam bahan. Tingkat kesegaran yang rendah akan semakin cepat menyerap garam karena jaringan sel-selnya rusak, tetapi hasil akhir yang diperoleh kurang baik karena kenampakannya menjadi gelap.
c.   Kebersihan
Selama proses pengawetan dengan penggaraman kombinasi, kebersihan harus selalu dijaga, baik kebersihan lingkungan kerja, alat maupun bahan yang akan diawetkan. Kondisi lingkungan dijaga agar tidak menarik lalat atau serangga lainnya.
d.  Pencegahan bakteri tahan garam
Pada penyimpanan produk selama jangka waktu yang lama sering timbul warna yang tidak diinginkan, keadaan ini disebabkan oleh pertumbuhan bakteri yang tahan terhadap garam (halophilik)
e.   Suhu
Suhu yang tinggi selama proses penggaraman menyebabkan penetrasi garam menjadi cepat, tetapi pertumbuhan bakteri dan proses enzimatis akan berjalan lebih cepat. Oleh karena itu suhu pada saat proses penggaraman dikendalikan serendah mungkin agar pertumbuhan bakteri dan proses enzimatis dapat terhambat karena adanya penetrasi garam ke dalam bahan.
f.    Jumlah garam
Jumlah garam yang diperlukan dalam proses penggaraman tergantung dari jenis bahan, daya simpan yang diinginkan dan cara pengolahannya.
g.  Pengaruh teknik penggaraman
Pada proses penggaraman kombinasi (mix salting) dihasilkan produk yang kompak karena bahan disusun berlapis dengan garam dan bagian atasnya diberi pemberat.
h.  Kadar garam produk
Produk dengan kadar garam rendah 3-5% memiliki rasa yang enak, tetapi daya awetnya tidak tahan lama. Sedangkan produk dengan kadar garam tinggi rasanya kurang disenangi tetapi memiliki daya awet yang lebih lama.

C. Pengasaman
     Tujuan adalah memberikan rasa asam. Asam juga mempunyai kemampuan mengubah dan meningkatkan intensitas bahan-bahan pemberi cita rasa (flavouring agent)
untuk pengawetan produk-produk sayuran, seperti mentimun, kubis, dan bawang.
 pH atau konsentrasi ion hidrogen  mengontrol  reaksi kimia, biokimia maupun reaksi mikrobiologi pada makanan.
 Mikroorganisme membutuhkan air, nutrisi, suhu, dan pH yang sesuai untuk tumbuh.
 Daging, seafood, susu segar memiliki pH lebih dari 5,6 sehingga bakteri akan dapat berkembang biak pada hasil produk.
Secara umum, buah-buahan, soft drink, dan vinegar memiliki pH rendah dimana bakteri tidak akan tumbuh dan produk akan terjaga kualitasnya.
 Pada pH 4,2 mikroorganisme penyebab penyakit dapat dikontrol.
Bakteri asam laktat dan beberapa spesies yeast dan kapang dapat tumbuh pada pH di bawah 4,2.
Asam organik lipofilik lemah dikombinasikan dengan pH rendah digunakan sebagai penghambat pertumbuhan mikroba. Pengawetan secara pengasaman ini dapat menggunakan asam organik dan ester yang antara lain meliputi sulfit, nitrit, asam asetat, asam sitrat, asam laktat, asam sorbat, asam benzoat, sodium diasetat, sodium benzoat, metil paraben, ethyl paraben, propyl paraben, dan sodium propionat.
Asam asetat lebih bersifat menghambat terhadap mikroorganisme tertentu dibandingkan asam laktat. Demikian juga asam laktat lebih bersifat menghambat dibandingkan asam sitrat.
Asam-asam benzoat, parahidroksi benzoat, dan asam sorbat juga menunjukkan pengaruh anti mikroorganisme yang berbeda-beda.
Ketika asam lemah dilarutkan ke dalam air, kesetimbangan akan tercapai antara molekul asam yang terdisosiasi dan anion yang ada. Asam yang tidak terdisosiasi akan meningkat seiring dengan penurunan pH. Kondisi inilah yang diharapkan selama proses pengawetan. Molekul asam tidak terdisosiasi bersifat lipofilik dan akan melewati plasma membran secara difusi. Di dalam sitoplasma, pada pH 7 molekul asam terpisah menuju
anion dan proton. Molekul ini akan terakumulasi di dalam sitoplasma akibat dari ketidakmampuan menembus lapisan membran, menurunkan pH dan akan menghambat metabolisme.
Beberapa keterbatasan asam organik sebagai penghambat mikroba yaitu :
 Asam organik tidak akan efektif digunakan ketika jumlah awal mikroba di dalam makanan tinggi
 Beberapa mikroorganisme menggunakan asam organik untuk metabolisme sumber karbon
 Beberapa strain mikroba resisten terhadap asam organik
 Tingkat resistensi mikroba tergantung dari kondisi yang ada
Asam dapat digolongkan menjadi 3 golongan yaitu :
  Asam kuat
Asam kuat yang menurunkan pH eksternal tetapi tidak merembes melalui sel membran. Asam ini dapat memberi pengaruh efek denaturasi pH rendah enzim yang ada pada permukaan sel
   Asam lemah
Bersifat lipofilik dan merembes melalui membran. Efek utama asam ini adalah menurunkan pH sitoplasma. Asam tidak terdisosiasi memiliki efek yang spesifik terhadap metabolisme
  Ion asam yang diperkuat
Merupakan inhibitor yang lebih kuat dibandingkan asam lemah.
Contoh ion ini adalah karbonat, sulfat, dan nitrat
Asam kuat meningkatkan pH eksternal mikroba, namun tidak mampu masuk kedalam sel mikroba. Kemampuan anti mikroba dari asam kuat disebabkan oleh denaturasi enzim ekstraselluler terutama yang ada pada permukaan membran sel, biasanya kemampuan katalitik membran akan hilang sehingga metabolisme akan berhenti,
Bentuk tidak terdisosiasi asam lemah memiliki sifat yang lebih lipofilik, yang menjadikannya lebih bebas masuk melalui membran (lipid bilayer) sebagai fungsi adanya gradien konsentrasi. Setelah asam lemah tidak terdisosiasi ini berada dalam sitoplasma yang memiliki pH diatas pH asam lemah, maka asam lemah akan segera terdisosiasi, melepaskan proton (H+), dan akan segera meningkatkan pH internal dari sitoplasma.
Penghambatan mikroba oleh asam lemah ini disebabkan oleh kerusakan membran, penghambatan reaksi metabolisme yang esensial, akumulasi anion sisa asam pada sitoplasma yang bersifat toksik, menggangu sistem sintesis protein atau genetik (sintesis DNA/
Asam terutama asam asetat dan asam laktat dapat terkandung dalam makanan yang awet karena dua kemungkinan yaitu:
  asam ditambahkan pada bahan-bahan yang tidak difermentasi, misalnya asam sitrat atau asam fosfat;
  keberadaan asam sebagai hasil fermentasi oleh mikroorganisme pada jaringan-jaringan berkarbohidrat dan bahan bahan dasar lainnya.
Pengaruh anti mikroorganisme dari asam sebagai berikut:
 Asam memiliki pH rendah yang tidak disukai oleh mikroorganisme.
 Asam-asam yang tidak terurai bersifat racun bagi mikroorganisme.
Beberapa bahan pengatur pH pada produk
1. Asam cuka
Asam cuka dapat dipakai sebagai pengawet acar dan natrium propionat atau kalsium propionat dipakai untuk mengawetkan roti dan kue kering. Asam fosfat yang biasa ditambahkan pada beberapa minuman penyegar juga termasuk zat pengawet.
2. Asam Benzoat atau Natrium Benzoat
Berbagai minuman sari buah, minuman berkarbonat, dan makanan dalam kemasan kaleng atau plastik menggunakan asam benzoat atau natrium benzoat sebagai bahan pengawet. Asam benzoat secara alami terkandung di dalam cengkeh dan kayu manis.
3. Nitrit dan Nitrat
Senyawa nitrit dan nitrat digunakan untuk mencegah tumbuhnya bakteri pada produk daging olahan, sedangkan sulfur dioksida digunakan untuk mengawetkan buah-buahan kering. Natrium nitrat atau sendawa (NaNO3) yang berfungsi untuk menjaga agar tampilan daging tetap merah
4. Asam Sorbat
Asam sorbat efektif menghambat khamir dan jamur dan beberapa bakteri. Hasil riset menunjukkan asam sorbat efektif untuk antimikroba pada konsentrasi 0,02-0,3%.
Asam sorbat mampu menghambat                                                                 
-                      kapang jenis bretanomices, candida, cryptococus, sporobolomicus, ,tolulaspora dan zigosaccharomiches.
Penggunaan
-                       fermentasi sayuran, jus buah, wine, dan keju. Buah kering, sirup,koktil buah, selai, jelly
Asam sorbat
-                       menghambat jamur seperti ascohyta, humicola, curvalia, penicilium, dll.
Kadar 0,05%-0,2% menghambat pertumbuhan organisasi penyebab fermentasi pada produk sayuran seperti yeast, mold dan bakteri pembusuk.
Pada proses jus dan sari buah, sorbat banyak digunakan pada tahap pre-posessing bersama dengan sulfur dioxide dan pasteurisasi untuk menghambat reaksi kimia, enzymatik dan kerusakan akibat mikroba seperti fermentasi. Konsentrasi yang digunakan sangat rendah yaitu 0,02-0,1% sudah cukup untuk memperbaiki keawetan produk soft drink. Penggunaan kombinasi sorbat dengan sulfur dioxide sangat baik diterapkan pada pengawetan high pulp-fruit juice, pada produk ini sorbat berfungsi sebagai penghambat mikroba, sedangkan sulfur
dioxide berfungsi sebagai pencegah oksidasi dan reaksi enzimatik.
Aplikasi terbesar asam sorbat dalam makanan dapat menghambat jamur pada keju. Asam sorbat juga dapat menghambat jamur pada mentega, saos, jus buah, kue, padi, ikan
5. Asam sitrat
Asam sitrat adalah pengawet yang dibuat dari air kelapa yang diberi mikroba. Penggunaan utama asam sitrat saat ini adalah sebagai zat pemberi cita rasa dan pengawet makanan dan minuman, terutama minuman ringan. Dalam resep makanan, asam sitrat dapat digunakan sebagai pengganti sari jeruk.
Contoh aplikasi proses pengasaman pada pengolahan pangan adalah pada produk asinan. Produk asinan mempunyai ketahanan terhadap mikroorganisme karena pengaruh pengawetan dari asam. Kadar asam asetat minimum yang dibutuhkan untuk menghasilkan daya awet yang baik bagi produk-produk acar adalah sekitar 3,6% berdasarkan bahan-bahan yang mudah menguap dari produk. Adanya gula, garam, rempah-rempah, dan lain-lain menurunkan kebutuhan akan asam karena kadar air yang tersedia dalam produk telah diturunkan dan beberapa bahan tersebut juga mem-punyai sifat-sifat antimikroorganisme.

E.  Sumber Belajar                               : Internet, buku yang relevan
F.  Media, Alat dan Bahan             : Media:LCD, Laptop
G.  Model                                     :  Pendekatan LC 3 fase,
H.  Skenario Pembelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar